Langsung ke konten utama

Jangan Biarkan Rasa Kesal Membelenggu Diri

Assalamualaikum dan semangat pagi SOBAT Indonesia...

Beberapa hari, dan bahkan lebih dari seminggu ini banyak hal yang dilalui, menyenangkan dengan segala kisah-kisahnya. Semua serba cepat dan melesat...sehingga butuh upaya-upaya yang tidak seperti biasanya. Nikmatnya..senikmat hujan deras yang menerpa jiwa. Petir-petir serasa tidak terhiraukan...terabaikan, hingga akhirnya kembali pada tulisan untuk minggu ini. Dan atau untuk minggu-minggu lalu..yang telah hilang bersama derasnya hujan cerita...berlalu dan tanpa tulisan dan kontemplatif. Miskinnya diri ini.
Kesal, sah-sah saja kita ungkapkan terhadap apapun yang membuat kita kesal. Kenyataan yang terjadi, seringkali kita terjebak dengan mudah menemukan sesuatu yang kita kesali. Seorang Ibu yang sering mengomel karena kenakalan anaknya, seorang suami yang sering kesal dengan kecerewetan istrinya, sahabat yang kesal karena sering diabaikan oleh temannya, seorang pengemudi kesal dengan ketidakdisiplinan dijalan supir angkutan di jalan, atasan yang sering marah karena kesalahan pekerjaan bawahan, dan kekesalan-kekesalan lainnya.
Kekesalan kecil dengan cepat kita temukan ketika kekesalan besar sudah kita atasi dengan baik. Sebenarnya mudah saja, kekesalah adalah pilihan, kekesalan itu terjadi pada kita hanya jika kita inginkan. Sebaliknya, kita pun dapat saja tidak kesal pada apa saja. Kita akan dapat menerima segala sesuatunya sebagaimana ia adanya.
Bila kita analisa, mengapa kekesalan muncul dalam diri kita ? jawabannya adalah karena kita menggunakan semua aturan yang ada dalam pikiran kita untuk menilai keadaan apapun pada orang lain. Meski tak sepenuhnya kita mampu mengubah apa yang terjadi. Merubah apa yang ada dalam pikiran atau benak kita adalah hal yang lebih penting. Bila perlu, buanglah segala aturan yang kita gunakan untuk meneropong orang lain dengan kacamata kita. 
Sesungguhnya aturan itu hanya berlaku bagi diri kita. Dan, gunakan itu untuk mengukur diri kita sendiri. Itu jauh lebih berharga ketimbang terus mencari celah orang lain yang membuat kita kesal yang pada akhirnya membuat bilur-bilur penyesalan dengan respon yang kita berikan.
Semoga awan-awan kelabu berlindung kilasan2 petir di atas kepala yang membuat kesal dengan mudah kita tepis......... dengan melihat kekesalan diarahkan kepada diri bukan kepada siapa pun. yang tertinggal...apakah sebuah nilai atau ketetapan yang sudah dibuat diturunkan atau...mempertahankan dan belajar untuk melengkapi kesenjangan yang ada. Karena Hidup adalah bercerita tentang diri sendiri. Dekatkan "kepala" dan "hati" dalam satu kesatuan komitmen dalam menjalankan kehidupan yang penuh kekesalan dengan penuh kenikmatan belajar dan meningkatkan kualitas diri.

Selamat bereksplorasi dan berkontemplasi SOBAT Indonesia...untuk Indonesia lebih BAIK!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rubah dan Kambing

Suatu hari seekor Rubah sedang berjalan di tengah hutan..  Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin..  Karena asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar..  Beberapa saat kemudian ada seekor Kambing datang ke sumur itu..... Kambing itu bertanya,  "Apa yang kamu lakukan?" "Aku sedang menikmati Air termanis yang pernah kuminum" jawab Rubah...  Kambing pun berkata, "Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya"  Rubah pun berkata, "Kenapa kamu tidak bergabung bersama ku?"  Tanpa Pikir Panjang, Kambing itu masuk ke dalam sumur dan Rubah segera Melompat dengan memanjat punggung Kambing lalu meninggalkannya... Kini giliran Kambing yang tidak bisa keluar dari sumur.. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh Rubah...... (Catatan) : Sikap Terburu-buru tanpa Pikir Panjang selalu membuat kita Melakukan Kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.. Apalagi jika kita Mudah tergi

Pangawikan Pribadi (Pengenalan Diri)

"Di atas bumi dan di bawah langit ini tidak ada yang pantas dicari-cari (diburu) ataupun ditolak (disingkiri) secara mati-matian." (Ki Ageng Suryomentaram) Dunia berputar dengan perubahan yang cepat luar biasa. Perubahan terutama menyangkut aspek perilaku, perasaan, dan pikiran manusia. Pikiran manusia merupakan asal dari segala perubahan.              Bila pikiran kita jernih, keheningan jiwa dapat dirasakan, dan perilaku menjadi tenang, mendatangkan ketenangan dalam kehidupan di sekeliling kita. Sebaliknya, bila pikiran berantakan, perasaan atau jiwa kita terasa kacau, dan perilaku kita juga mengacaukan kehidupan di sekeliling kita.              Dari mana datangnya kejernihan pikiran? Ini merupakan inti persoalan hidup kita jika kita ingin merasakan kebahagiaan sejati dalam meng-arungi hidup dalam keadaan seperti apa pun. Sebagian dari kita tidak memedulikan hal ini, dan menjalani hidup secara serampangan mengikuti arus kehidupan materi yang adanya di luar diri

MORAL DI BALIK KISAH WAYANG

Kisah wayang adalah kisah tentang wayang, kisah tentang tokoh-tokoh yang barangkali sebetulnya tidak pernah ada di dunia ini. Besar kemungkinan, tokoh-tokoh ini diciptakan oleh pengarangnya, sebagai simbol gejala gejala yang dianggapnya hadir di dunia. Harus diingat bahwa kisah wayang berasal dari India, sebuah negara dengan latar belakang budaya yang berbeda dengan negara atau bangsa lain. Banyak orang di India yang percaya adanya para dewa. Karena itu, tidak mustahil bahwa salah satu tokoh wayang, adalah simbol dari dewa tertentu. Juga ada kemungkinan bahwa salah satu tokoh, adalah simbol dari nafsu tertentu, atau bahkan simbol dari ilmu tertentu. Dugaan bahwa tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ada baiknya kita mulai denga