Langsung ke konten utama

Revolusi Karakter !



Semangat Pagi SOBAT Indonesia !

Kembali "mengudara" kembali....di tengah-tengah kepadatan "lalu-lintas" pekerjaan. Mulai terasa sudah dapat melihat kembali. setelah beberapa hari ini, pandangan tidak lebih dari 30 cm di depan layar monitor laptop saya...hehehehe, banyaknya sih main social media...kkk, update status dan memantai pilpres dan pildun...

Lega rasanya melihat "udara" social media yang kembali ceria...setelah padat dengan maraknya "pertikaian" sengit. Senangnya...

Melanjutkan diskusi kita beberapa waktu yang lalu, yaitu apa yang harus kita lakukan setelah dapat berpikir KRITIS ! biasanya kita dapat berpikir KRITIS pada saat-saat yang KRITIS lho...pengalaman saja. Namun, dalam Paradigma SOBAT - Semua Orang Bisa Hebat, Pengalaman adalah Musuh !. Justru yang baru saya sampaikan tadi harusnya di HINDARI !. Sehingga namanya berpikir KRITIS bukan pada saat kefefet..namun memang sudah menjadi KARAKTER ! 

Membangun sebuah karakter bukanlah pekerjaan yang mudah dan membutuhkan semangat dan perjuangan yang luar biasa. Tantangan yang luar biasa akan ditemui jika lingkungan dimana kita berada tidak mendukung semangat dan keinginan kita untuk belajar dan berprestasi. Begitu derasnya arus yang berlawanan dengan semangat kita membuat diri terkadang harus menerima hal-hal yang jauh dari harapan. Kejadian seperti ini tidak hanya ditemui sekali saja, namun akan berkali-kali. Pertanyaannya apakah kita mampu bertahan dan selamat dari arus yang sangat deras? Dan kalau bisa selamat caranya seperti apa? Pertanyaan-pertanyaan ini membuat kita harus bersiap diri dengan mental set yang baik. Dalam SOBAT – Semua Orang Bisa Hebat ada tiga pondasi nilai, yaitu Integrity, Abundance Mentality dan Maturity. Membangun keyakinan (belief system) erat sekali hubungannya dengan mental set atau bagaimana seseorang memahami dan mengintepretasi gejala-gejala yang ada disekitarnya dan diyakini mampu adaptif dari situasi yang ada. Keberhasilan demi keberhasilan membuahkan keyakinan dari tindakan yang dilakukan secara terus menerus (Habit-Character-Belief).

Mundur jauh sebelum kita dilahirkan. Ada proses pembuahan dari sperma ke indung telur. Berjuta-juta sel sperma berjuang untuk mencapai indung telur, banyak korban yang berjatuhan karena kondisi dan kualitas sperma itu sendiri. Namun perjuangan yang dilakukan tersebut membuahkan hasil. Dari berjuta-juta sel sperma hanya satu yang mampu untuk menembus lapisan dari indung telur. Dan pemenangnya adalah kita yang saat ini masih tetap berkarya. Namun terkadang kita tidak menghargai apa yang telah terjadi tersebut, terkadang kita menjadi seorang pengecut, mudah kalah, gampang menyerah, mengeluh dan bahkan justru mendatangkan gangguan dan merusak orang lain dan lingkungan sekitarnya. Ilustrasi ini saya dapatkan dari rekan saya, AA Uyo (Surjo Sulaksono), ketika menghadiri pelatihan beliau.

Bagaimana kita dapat bertahan dan bermanfaat. Kita harus menghargai dan bersyukur akan kehadiran diri di dunia ini. Mengenali diri sendiri dan membangun karakter Integritas. Akan mengalami banyak kendala dalam membangun subuah integritas jika kita tidak mengetahui kemampuan diri dan tujuan hidup kita. Kenali Potensi dan mengembangkan kompetensi melalui belajar untuk mendapatkan karya-karya terbaik. Integritas merupakan sebuah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara pikiran, perkataan dan perbuatan. Kenalilah semua yang ada dalam diri untuk menjadi diri-diri yang memegang teguh INTEGRITAS.

Mengembangkan sikap bersyukur sama diri berarti mengembangkan mental set Abundance. Dengan memiliki mentalitas ini akan dapat melihat dunia memang tercipta untuk kita, dan bagaimana kita sebagai manusia mengelolanya dengan bijaksana. Dengan mentalitas keberlimpahruahan akan membuat diri menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selalu mengedepankan win-win dalam setiap pemecahan masalahnya. Dan terbangun sikap tidak mudah menyerah dalam setiap tindakan dalam mencapai tujuan. Tujuan adalah hasil, sedangkan proses merupakan hal yang utama dalam pencapaian hasil tersebut.

Terakhir adalah membangun sikap Maturity atau kedewasaan. Kedewasaan tidak terkait dengan usia. Namun manusia kembali kepada fitrahnya sebagai pemimpin dan makhluk sosial. Yang dikatakan pemimpin adalah memiliki rasa tanggung jawab terhadap semua perbuatannya. Tidak ada lagi jurus “lempar batu sembunyi tangan” atau istilah “kambing hitam”, yang berlaku adalah hukum alam “siapa yang menanam, dia yang akan menuainya” dan juga berlaku hukum kekekalan energi “energi tidak dapat dimusnahkan namun berubah bentuk”, jika menanam energi negatif akan menuai energi negatif juga. Berlomba-lombalah dalam kebaikan…,Panen Raya KEBAIKAN akan segera tiba.

Manusia sebagai makhluk sosial, bahwa manusia satu akan membutuhkan manusia lainnya. Jadi membangun konsep synergi akan mendatangkan banyak manfaat dan kemudahan dalam pencapaian hasil yang lebih baik dan cepat. Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri acara outbound sebuah perusahaan. Permainan sederhana seperti “pipa bocor” menbuat saya tersadar betapa pentingnya membangun sebuah synergi. Pada saat itu dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masingnya mendapat tugas yang sama. Sudah 1 jam lebih tidak ada yang mampu menyelesaikan tugas mengeluarkan bola dari dalam pipa bocor tersebut, segala daya dan upaya, hingga semua pakaian yang mereka gunakan menjadi penyumbat lubang-lubang tersebut. Mereka masih belum menyadari bahwa jika tugas dilakukan sendiri tidak menuai hasil yang baik. Namun ada salah seorang yang mencoba untuk bernegosiasi dari satu kelompok ke kelompok lainnya. Dan akhirnya mereka bersatu. Dalam hitungan menit, bola pun sudah dapat keluar dari bibir pipa tersebut. LUAR BIASA !! se-super apapun orangnya…ia tetap akan membutuhkan orang lain dalam berkarya.., BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH.

Semua diri memiliki potensi untuk HEBAT, Semua Orang Bisa Hebat – SOBAT, jadilah bagian dari SOBAT BISA !! kita terlahir sebagai Champion, berpikir, berkata dan bertindak lah layaknya sebagi seorang PEMENANG.., Saya BISA !!

Tetap Belajar dan Berbagi untuk Indonesia yang lebih baik. Salam SOBAT ! 

wicaksana (c) 2014 Nawi-Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rubah dan Kambing

Suatu hari seekor Rubah sedang berjalan di tengah hutan..  Disitu ada sebuah sumur tua yang airnya jernih sehingga dia bisa bercermin..  Karena asyik bercermin, tanpa sengaja dia tercebur dan tidak bisa keluar..  Beberapa saat kemudian ada seekor Kambing datang ke sumur itu..... Kambing itu bertanya,  "Apa yang kamu lakukan?" "Aku sedang menikmati Air termanis yang pernah kuminum" jawab Rubah...  Kambing pun berkata, "Alangkah senangnya bila aku juga bisa menikmatinya"  Rubah pun berkata, "Kenapa kamu tidak bergabung bersama ku?"  Tanpa Pikir Panjang, Kambing itu masuk ke dalam sumur dan Rubah segera Melompat dengan memanjat punggung Kambing lalu meninggalkannya... Kini giliran Kambing yang tidak bisa keluar dari sumur.. Kambing pun merasa ditipu dan dimanfaatkan oleh Rubah...... (Catatan) : Sikap Terburu-buru tanpa Pikir Panjang selalu membuat kita Melakukan Kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.. Apalagi jika kita Mudah tergi

Pangawikan Pribadi (Pengenalan Diri)

"Di atas bumi dan di bawah langit ini tidak ada yang pantas dicari-cari (diburu) ataupun ditolak (disingkiri) secara mati-matian." (Ki Ageng Suryomentaram) Dunia berputar dengan perubahan yang cepat luar biasa. Perubahan terutama menyangkut aspek perilaku, perasaan, dan pikiran manusia. Pikiran manusia merupakan asal dari segala perubahan.              Bila pikiran kita jernih, keheningan jiwa dapat dirasakan, dan perilaku menjadi tenang, mendatangkan ketenangan dalam kehidupan di sekeliling kita. Sebaliknya, bila pikiran berantakan, perasaan atau jiwa kita terasa kacau, dan perilaku kita juga mengacaukan kehidupan di sekeliling kita.              Dari mana datangnya kejernihan pikiran? Ini merupakan inti persoalan hidup kita jika kita ingin merasakan kebahagiaan sejati dalam meng-arungi hidup dalam keadaan seperti apa pun. Sebagian dari kita tidak memedulikan hal ini, dan menjalani hidup secara serampangan mengikuti arus kehidupan materi yang adanya di luar diri

MORAL DI BALIK KISAH WAYANG

Kisah wayang adalah kisah tentang wayang, kisah tentang tokoh-tokoh yang barangkali sebetulnya tidak pernah ada di dunia ini. Besar kemungkinan, tokoh-tokoh ini diciptakan oleh pengarangnya, sebagai simbol gejala gejala yang dianggapnya hadir di dunia. Harus diingat bahwa kisah wayang berasal dari India, sebuah negara dengan latar belakang budaya yang berbeda dengan negara atau bangsa lain. Banyak orang di India yang percaya adanya para dewa. Karena itu, tidak mustahil bahwa salah satu tokoh wayang, adalah simbol dari dewa tertentu. Juga ada kemungkinan bahwa salah satu tokoh, adalah simbol dari nafsu tertentu, atau bahkan simbol dari ilmu tertentu. Dugaan bahwa tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ada baiknya kita mulai denga